Kultur batak - Arti kata Opung , Bapak Tua , Tulang , Amangboru , Lae , dan lainnya

N2.com - Horas !!!bah sudah buat postingan lagi, kali ini mau cerita dulu aku soal nya ada kawan-kawan ku yang bukan orang batak dia bingung kali sama aku kenapa kalian manggil (nyebut) orang tua dengan kata namboru lah,amangboru,tulang,nantulang,lae, dan opung lagi. jadi kawan ku bingung kali dari mana asal muasal penyebutan itu, nah jadi biar kalian juga ikut ngga bingung kubuat lah semacam gambaran gitu biar nalar dikit ya kan? oke langsung aja lah

1.Bapak Tua & Mamak Tua

Penyebutan bapak tua adalah dari anak pertama dari orang tua (Opung), jadi jika orang tua kamu adalah anak ke dua dari laki-laki pertama maka jika berjumpa harus sopan dengan mengatakan "Bapak Tua" dan untuk istrinya "Mamak Tua"

2.AmangBoru & Namboru
Seringkali yang didengar orang-orang bukan batak adalah kalimat namboru namun jarang sekali orang mendengar kata Amangboru, Amangboru  diambil dari Perempuan (kakak) kepada laki laki di bawahannya maupun di atasan nya.

3.Tulang & NanTulang

Penyebutkan kata Tulang dan NanTulang berasal dari abang laki laki yang mempunyai adik perempuan, jadi jika adik perempuan sudah menikah dan mempunyai anak , maka untuk memanggil anak laki-laki yang atas adalah Tulang(sumati) dan NanTulang(Istri)

4.Lae
Untuk kata Lae biasa nya tidak asing didengar,jadi akan saya jelaskan tanpa gambar
Contoh : anda anak laki-laki (pertama / terakhir ) lalu anda mempunyai adik/kakak perempuan
dan saudara perempuan tersebut telah menikah. maka anda akan memanggil suami dari saudara perempuan tersebut adalah LAE

5.Opung
Opung sama hal nya juga seperti nenek,kakek,datuk,dan eyang. opung juga di gunakan kepada (laki-laki/perempuan) Opung merupakan orang tua yang sangat di hormati.

6.Tante
Kata tante dapat di jelaskan tanpa gambar , contoh : dalam 1 keluarga mempunyai 2 anak perempuan dan 1 anak laki-laki , anak perempuan pertama telah menikah dan mempunyai anak,maka sang anak akan memanggil "Tante" pada perempuan dan " Tulang" pada anak laki laki.

0 Response to "Kultur batak - Arti kata Opung , Bapak Tua , Tulang , Amangboru , Lae , dan lainnya"

Post a Comment